Makanlah banyak ikan, demikian anjuran pakar gizi. Ini bukanlah
sekedar anjuran kosong belaka. Menurut penelitian Universitas Salut
Publica de Catalunya L'Hospitalet di Spanyol tahun 1999 menyebutkan
bahwa, ikan laut selain berperan mencegah penyakit jantung koroner serta
pembuluh darah, juga memberikan efek perlindungan terhadap beberapa
jenis kanker, diantaranya kanker pada saluran percernaan seperti lambung
dan usus besar, rektum, rongga mulut, kerongkongan, indung telur,
pankreas serta prostat. Namun sampai sejauh ini belum ada bukti yang
menyatakan adanya hubungan antara mengkonsumsi ikan dengan timbulnya
kanker pada payudara, lever, kandung kemih serta kelenjar gondok.
Namun
berapa banyak ikan yang ikan makan ternyata juga penting. Esteve
Fernandez, adalah seorang peneliti dari universitas tersebut
mengungkapkan bahwa untuk mencegah kanker diperlukan konsumsi dua porsi
atau lebih ikan dalam seminggu. Dikatakan pula bahwa, pria yang banyak
mengkonsumsi ikan laut, sayuran dan buah-buahan, beresiko lebih kecil
menderita kanker prostat ketimbang yang jarang mengkonsumsinya.
Penelitian tentang pola makan ikan pernah diprakarsai oleh tim dari Karolinska Institute di Stockholm, Swedia terhadap 6.000 pria yang separuhnya berusia di atas 55 tahun. Hasil dari penelitian itu adalah bahwa pria yang lebih banyak mengkonsumsi ikan laut, buah-buahan dan sayuran segar, beresiko lebih kecil mendapatkan kanker prostat. Menurut dugaan, khasiat asam lemak omega-3 (EPA dan DHA)-lah yang berperan mencegah kanker. (www.dkp.go.id/Nn)
sumber : menu sehat




Tidak ada komentar:
Posting Komentar